3 Jenis Parenting Untuk Paud Yang Harus Dilakukan

Saat ini banyak masyarakat yang memasukkan anak mereka ke PAUD atau pendidikan anak usia dini. Hal ini terjadi sebab masyarakat saat ini telah menyadari betapa pentingnya pendidikan. Pendidikan dalam usia dini kepada anak yang sempurna dapat membentuk anak memiliki karakter kuat dan hebat sehingga dapat terhindar dari hal yang berbau negatif. Namun bukan berarti para orang tua dapat lepas tangan dan memberikan kepercayaan penuh kepada lembaga sekolah. Tentunya tetap harus ada campur tangan dari orang tua agar parenting untuk PAUD dapat tercapai sempurna.

Jenis Kegiatan Parenting PAUD

  1. Seminar

Jenis parenting untuk PAUD yang pertama adalah seminar, dimana lembaga sekolah mengundang pihak yang kompeten dan ahli dibidangnya. Sehingga orang tua yang menjadi peserta dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar dapat membentuk karakter anak yang kuat. Ingat anak lebih banyak memiliki waktu di rumah dibandingkan dengan di sekolah. Oleh karena itu pentingnya peranan orang tua mengetahui berbagai hal tersebut.

  1. Foundation class

Ketika pertama bersekolah, pastinya anak membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu. Kegiatan foundation class ini biasanya dilakukan pada minggu minggu pertama sekolah. Parenting untuk PAUD ini merupakan pembelajaran bersama antara anak dengan orang tua diawal masuk sekolah. Agar orang tua juga mengetahui pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

  1. Home activites

Dalam parenting PAUD ini kegiatan atau aktifitas di rumah dibawa ke sekolah, dimana para orang tua diajak menginap bersama anak di sekolah ataupun membuat tenda di lapangan seperti kegiatan perkemahan. Dalam kegiatan ini lembaga sekolah harus memberikan berbagai kegiatan yang baik dilakukan ketika berada di rumah. Sehingga para orang tua dapat mengetahui bagaimana cara menciptakan suasana kondusif untuk anak ketika berada di rumah.

Beragam kegiatan dalam parenting untuk PAUD ini memang membutuhkan peranan orang tua. Sebab inilah kekompakan para orang tua kepada lembaga PAUD adalah hal yang penting, sehingga orang tua dapat mengetahui berbagai hal untuk membentuk anak yang berkarakter. Ingat waktu anak lebih banyak di rumah daripada di sekolah, sebab itu orang tua tetap memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter.

Deskripsi : parenting untuk PAUD sangat membutuhkan peranan dan campur tangan orang tua, sehingga karakter anak akan mudah terbentuk.