3 Tips Membeli Kredit Mobil Bekas Tanpa DP Sepeser pun

Kredit mobil bekas rata-rata memang murah. Tapi kalau DP-nya mahal atau bahkan sampai separuh harga mobil, itulah yang membuatnya terkesan mahal. Jarang ada DP yang bisa dinegosiasi. Mungkin Anda akan bertanya, “Apakah mungkin ada mobil bekas yang dibeli secara kredit tanpa DP sepeser pun?” Amat mungkin. Asalkan menerapkan tips ini.

  1. Beli Mobil Langsung dari Pemakai

Mulai sekarang singkirkan dulu ego atau rasa malas mendatangi pihak yang menjual mobil bekas. Sebelum mereka memasrahkan mobil bekasnya ke pedagang maupun showroom mobil, datangi lebih dulu. Tips ini biasa disebut dengan C2C system. Kenapa harus ke pemakainya dan bukan ke pedagang pada umumnya?

Alasannya, pedagang mobil itu seringkali membanding-bandingkan harga dan mencari selisih antara harga jual dengan harga beli. Sedangkan pemakai mobil yang menjual mobil bekasnya rata-rata karena butuh uang. Untuk mendapatkan kesempatan seperti ini, tentu saja Anda memerlukan banyak relasi. Bisa lewat teman, rekan bisnis, tetangga, dan sebagainya.

Selain itu, tips mendapatkan kesempatan ini yang lebih mudah bisa dengan memantau arus informasi di media. Baik koran, website yang mengandung iklan, dan juga lainnya. Kalau di media berbasis internet biasanya lebih jelas. Soalnya dilengkapi dengan foto serta deskripsi produknya. Tugas Anda tinggal hubungi dan negosiasi dengan harga yang pantas.

  1. Cari Leasing Mobil Bekas Terpercaya

Setelah mendapatkan mobil bidikan, hubungi pihak leasing mobil terpercaya. Minimal sudah pernah bekerja sama dengan Anda. Nama besar dari pihak leasing mobil menjadi garansi bahwa hasil kerja sama nantinya akan sesuai dengan ekspektasi Anda. Intinya, yang penting Anda wajib tahu betul bagaimana cara memahami simulasi kredit dari besaran DP-nya.

Kredit mobil bekas dari leasing terpercaya juga bisa didapatkan tanpa harus bayar DP. Hanya saja, konsekuensinya adalah cicilan per bulan jadi lebih tinggi. Masuk akal, bukan? Untuk kerja sama lebih lanjut, lebih baik hubungi langsung pihak leasing ke kantornya. Soalnya kalau dari internet, tingkat komunikasinya cenderung kurang intents.

Tapi jangan paksakan keinginan untuk membeli mobil bekas tersebut ketika cicilan per bulannya sangat tinggi. Sedangkan nilai DP yang ditetapkan oleh BI adalah 30% dari total harga mobil bekas. Jadi pertambahan biaya cicilan per bulannya yang aman itu tidak lebih dari ketentuan DP. Kalau bisa, justru lebih murah lagi.

  1. Ajukan Aplikasi Kredit Mobil Bekas

Tips ini melibatkan antara pemakai, Anda, dan pihak leasing mobil bekas. Posisi pihak leasing mobil bekas itu sebagai pembantu dalam pemrosesan kredit mobil yang Anda ajukan ke pemakai. Semacam punya konsultan sendiri, begitu. Tentunya ketika mengontak pihak leasing dan menandatangani kerja sama, kesepakatan beli mobil harus sudah tanpa DP.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan aplikasi kredit mobil bekas? Mulai dari fotokopi KTP pemohon beserta pasangan, fotokopi KK, fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir, slip gaji dan keterangan penghasilan, serta fotokopi PBB/AJB/rekening listrik. Dokumen ini wajib dilampirkan dan sudah melibatkan tanda tangan dari pihak leasing.

Setelah lengkap, langsung ajukan saja. Kalau cicilan per bulannya dirasa agak berat, tidak ada salahnya meminjam uang tunai dari KTA Tunaiku. Total pinjaman yang tersedia mulai dari 2 juta hingga 20 juta Rupiah. Sedangkan angsurannya bisa sampai 20 bulan. Sayang kalau aplikasi sudah disetujui, tetapi cicilan macet di tengah jalan.

Pembelian kredit mobil bekas tanpa DP biasanya bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah daripada yang pakai DP. Keuntungan ini bisa Anda manfaatkan ketika hendak menjual kembali. Misalnya dengan membuka usaha kredit mobil atau mobil dijual kembali setelah lunas. Bisa pula dengan membuka usaha semacam rental mobil dan merekrut driver.

Sharing is caring!