5 Cara Mendapatkan Investor, Dijamin Berhasil

Untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis berskala besar, peran investor memang sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Ada pengusaha yang mencari investor untuk memulai bisnisnya. Dan adapula yang mencari investor untuk memperbesar atau mengembangkan bisnis yang sudah dijalani. Mencari pemilik modal ini tentunya tidaklah mudah. Jadi wajar saja jika banyak pebisnis yang mencari tahu mengenai cara mendapatkan investor agar mau dan tertarik membiayai bisnis yang dijalani.

Pada umumnya, tujuan mencari investor adalah agar perusahaan atau pengusaha mendapat suntikan dana segar dalam bentuk modal. Modal adalah hal penting yang harus disiapakan dalam menjalani usaha. Tanpa adanya modal, akan sulit bagi perusahaan untuk semakin berkembang dan meningkatkan penghasilan. Oleh karena itu, kali ini akan diulas bagaimana caranya untuk mendapatkan investor dengan cepat.

Ikuti Cara Mendapatkan Investor ini dan Segeralah Mendapatkan Dana Segar

1.     Tampilkan penelitian yang mendukung bisnis Anda

Cara mendapatkan investor yang pertama adalah Anda tampilkan penelitian atau ide yang mendukung bisnis yang akan atau tengah dijalani. Hasil penelitian atau ide-ide kreatif tersebut harus bisa membantu Anda meyakinkan investor agar tertarik untuk menaruh dananya sebagai modal bisnis Anda. Data penelitian yang ditunjukkan bisa berupa grafik permintaan masyarakat, perilaku konsumen, dan lain sebagainya.

  1. Berikan solusi dan ide yang kreatif dan aplikatif

Sebagai seorang investor, tentunya mereka seringkali didatangi oleh para pengusaha yang ingin mendapatkan dananya. Jadi wajar saja jika investor pastinya sudah sering mendengar dan memikirkan ide-ide atau solusi tentang bisnis selama hidupnya. Agar Anda bisa menarik perhatian investor, cara mendapatkan investor adalah pilihlah ide yang kreatif dan juga aplikatif.

Selain itu, pastikan jika ide ataupun solusi tersebut dapat memberikan keuntungan besar untuk dirinya. Perlu diingat bahwa ide dan juga solusi adalah hal yang saling berkesinambungan. Dimana setelah Anda mengemukakan ide-ide baru, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memberikan solusi yang tepat agar ide tersebut bisa terealisasikan. Ide yang bagus tapi tidak didukung dengan solusi tentunya tidak akan mampu menarik perhatian investor.

3.     Ikut ajang kompetisi startup

Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini, banyak perusahaan yang tertarik untuk menjadi sponsor dalam kompetisi startup. Perusahaan yang diketahui seringkali mengikuti lomba startup adalah lembaga keuangan, perusahaan telekomunikasi, dan lain sebagainya. Agar bisa bersaing dengan pebisnis lainnya, cobalah untuk memperkenalkan startup yang nantinya akan Anda jalani kepada para pengembang atau peserta startup baru.

  1. Siapkan strategi jitu dan sistematis

Untuk bisa mendapatkan perhatian investor, Anda harus menyiapkan strategi jitu dan juga sistematis terkait dengan bisnis yang tengah dijalani. Strategi ini bisa dituangkan dalam bentuk deskripsi, diagram alur atau statistik. Pilih yang paling nyaman dan mudah dimengerti sehingga investor bisa mendapatkan gambaran tentang bisnis yang ditawarkan. Sajikan strategi Anda dengan tampilan yang modern dan sempurna.

5.     Angel network

Cara mendapatkan investor selanjutnya adalah Anda kembangkan sebuah jaringan angel investor agar bisnis Anda yang ada dalam startup bisa berkembang dengan baik. Jaringan yang dikenal dengan singkatan Angin atau Angel Investor Network Indonesia memang sangat siap membantu pebisnis dari berbagai daerah untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan angel investor. Dengan begitu, strategi dan ide-ide alam pikiran akan muncul sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis yang Anda jalani.

Meskipun terdengar mudah, nyatanya banyak pebisnis yang tidak bisa mengikuti cara mendapatkan investor di atas dengan maksimal. Hal tersebut tentu saja karena keterbatasan masing-masing orang dalam menggaet investor sesuai dengan keinginan.

Sharing is caring!