6 Hal Penting untuk Mengajarkan Kucing Bersosialisasi di Lingkungan Baru

Berniat untuk memelihara kucing? Ataukah Anda baru saja membelinya? Rumah Anda menjadi hal baru bagi kucing dan tentunya ia membutuhkan proses adaptasi. Setiap hewan akan memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan segala keadaan yang masih asing baginya.

Di samping itu, kucing yang sudah mampu bersosialisasi secara mandiri (tanpa induk) adalah yang sudah berusia 12 minggu ke atas. Jadi, sebaiknya Anda memilih membeli atau mengadopsi kucing yang berusia 12 minggu atau lebih. Hal ini akan memudahkan Anda mengajarkan kucing bersosialisasi.

Sebagai pemilik barunya, Anda harus memahami dan memberikan ruang untuknya dalam beradaptasi dan mulai bersosialisasi. Lalu, bagaimana seharusnya sikap sang pemilik? Untuk memperlancar proses penyesuaiannya, posisikan diri Anda sebagai teman baiknya.

Perlakukan kucing yang baru saja Anda rawat dengan sebaik-baiknya. Ajaklah hewan lucu tersebut untuk bersosialisasi dengan keadaan di lingkungan barunya. Usahakan orang-orang di sekitar Anda ikut mendukung upaya Anda tersebut. Berikut ini adalah 6 hal penting yang dapat dilakukan untuk mengajak kucing bersosialisasi dengan baik dan benar.

  1. Berikan Perhatian

Perhatian merupakan hal terpenting yang harus diberikan kepada kucing yang baru saja Anda adopsi, terlebih pada masa awal perkenalan. Segenap perhatian yang Anda berikan sejak awal, dapat memudahkan Anda dalam mengarahkan kucing untuk bersosialisasi. Usaplah dengan lembut bagian tubuhnya, usap kepalanya, serta gendonglah kucing kesayangan Anda dengan rasa sayang. Dengan demikian, ia akan mengenali Anda dan merasa tenang berada di dekat Anda. Pemberontakan pun tidak akan terjadi.

  1. Bersikap Ramah

Setelah memberikan perhatian tersebut, bersikap ramah tak kalah pentingnya. Sikap ramah dari pemiliknya yang baru, merupakan suatu kebahagiaan bagi kucing. Ia bisa merasakan wujud keramahan sang pemilik dari caranya bersikap. Untuk itu, berikan kesan yang baik terhadap kucing Anda. Bersikaplah dengan ramah dan lemah lembut terhadap hewan lucu ini sejak pertama kali Anda menjumpainya. Tunjukkan keramahan Anda dengan tersenyum sekaligus menyapanya dengan suara yang lembut.

  1. Jangan Membentak

Pada awal tahap sosialisasi, terlebih pada kucing yang baru Anda adopsi, sebaiknya hindari teriakan keras atau bentakan. Hal tersebut akan menimbulkan tekanan pada si kucing. Ia akan merasa tidak nyaman dan terancam dengan lingkungan barunya. Ia juga berpikir bahwa dirinya tidak disambut baik di lingkungan barunya.

  1. Mengajaknya Berkeliling Lingkungan Rumah

Mengajaknya berkeliling di seluruh lingkungan rumah merupakan hal yang tak kalah pentingnya dan memang harus dilakukan untuk memperkenalkan kucing dengan lingkungan barunya. Pengenalan tersebut bertujuan memberikan kenyamanan kepada kucing dan menghilangkan rasa asing terhadap lingkungan baru. Selebihnya, hal ini juga membantu kucing mengenal dengan baik setiap bagian rumah yang ada, sehingga membantunya menghafal dan tidak tersesat ketika berkeliling rumah.

  1. Berikan Makanan dan Minuman

Setelah mengajaknya berkeliling rumah, tentunya kucing merasa lapar. Hendaknya berikan makanan favorit kucing, sehingga mampu menarik perhatian kucing. Anda dapat memberinya makanan khusus kucing (cat food) yang dapat diperoleh di pet shop atau supermarket. Makanan seperti ikan tengiri ataupun lele dapat diberikan apabila kucing Anda sudah tergolong besar. Jika ada, maka berikan biskuit sebagai makanan penutupnya. Berikan air tawar atau sedikit susu sebagai minumnya.

  1. Mengajaknya Bermain

Seperti manusia pada umumnya, kucing juga perlu melakukan kegiatan untuk mengisi hari-harinya. Untuk menunjang kenyamanannya di lingkungan baru, Anda harus mengajak kucing bermain. Berilah benda-benda yang menarik sebagai medianya bermain, di antaranya bola kecil, benda yang digantung, yoyo, pita, dan sebagainya. Anda dapat mengajaknya bermain dengan benda-benda tersebut, sehingga kucing mempunyai kegiatan dan tak merasa bosan.

Dengan melakukan 6 hal tersebut, Anda akan lebih mudah untuk memulai mengajarkan kucing bersosialisasi. Sikap yang ramah dengan perhatian dari semua orang akan memberikan rasa nyaman pada kucing, sehingga ia akan akrab dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian, langkah selanjutnya untuk memperkenalkan kucing dengan lingkungan baru akan lebih mudah. Makanan dan mainan akan membuat kucing selalu good mood. Selamat mencoba! Good luck!

Sharing is caring!