7 Tempat Wisata Penuh Pesona Di Kepulauan Sumbawa

Photo: goodnewsfromindonesia.com

Indonesia menyimpan berbagai potensi wisata alam yang tidak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Kalau tidak percaya, cobalah untuk menyeberang ke sebelah timur pulau Lombok, disana terdapat sebuah pulau yang kaya akan potensi wisata alam juga bahari. Pulau tersebut dinamakan pulau Sumbawa, pulau yang terbagi atas 4 kabupaten dan 2 kota ini memang juara dalam potensi wisata yang mendunia. Lalu, ada wisata apa sajakah yang terdapat di Sumbawa? Berikut ulasannya.

  • Teluk Saleh

Pulau-pulau tropis yang terdapat di kabupaten Sumbawa sebagian besar berkumpul di perairan Teluk Saleh. Teluk Saleh sendiri adalah perairan yang berada di utara Sumbawa yang memiliki ukuran sangat luas. Di tengah teluk ini, banyak terdapat pulau kecil yang menyimpan begitu banyak kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Sumber daya alam ini, selain untuk kepentingan wisata, juga dimanfaatkan untuk perdagangan ekspor ke berbagai negara.

  • Pulau Moyo

Tahukah anda, bahwa di mata wisatawan asing, popularitas Pulau Moyo sebanding dengan Pulau Bali? Hal itu disebabkan karena di pulau ini, beberapa nama tokoh dunia terkenal semisal mendiang Lady Diana, penyanyi Mick Jagger, hingga mantan pesepakbola Manchester United, David Beckham dan Edwin van Der Sar pernah menghabiskan liburannya di pulau indah ini. Didalam pulau yang namanya masih asing di telinga warga Indonesia ini, terdapat sebuah resort mewah bernama Amanwana Resort, yang harga tarif menginap per malamnya bisa untuk liburan keliling pulau Jawa!

  • Air Terjun Mata

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa para tokoh dunia memilih untuk pergi ke pulau Sumbawa dibandingkan dengan pergi ke Bali? Di pulau Moyo, terdapat berbagai pilihan tujuan wisata alam yang sangat mempesona, salah satunya adalah destinasi air terjun Mata Jitu. Air terjun ini terletak di tengah hutan Pulau Moyo yang berada di dusun Oiramu, desa Labuhan Aji. Tempat ini dikenal sebagai salah satu air terjun yang memiliki sumber mata air yang sangat jernih. Selain itu, karakteristiknya sangatlah unik, dengan memiliki 3 undakan kolam berwarna hijau jernih. Kebersihan kola Air Terjun Mata Jitu pun sangat diperhatikan oleh pihak pengelola, anda tidak bisa sembarang mandi di kolamnya, jika ingin berendam, terdapat pemandian khusus yang telah disediakan untuk pengunjung

  • Pantai Ai Manis

Selain air terjun yang mempesona, Sumbawa juga memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi adalah antai Ai Manis yang terkenal dengan taman bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Pantai Ai Manis merupakan pantai berpasir putih yang lembut, dengan banyaknya terumbu karang yang tumbuh subur, juga ikan-ikan tropis yang berlimpah. Karena pantai ini belum seramai pantai-pantai yang ada di Lombok atau Bali, saat berkunjung ke tempat ini Anda bisa puas menikmati suguhan alam pantai yang penuh pesona. Untuk lebih menikmati suasana pantai ini, cobalah untuk kemping, snorkeling ataupun diving

  • Situs Aik Renung

Selain menawarkan lanskap alamnya yang indah, pulau Sumbawa juga menyimpan berbagai peninggalan bersejarah dalam bentuk sarkofagus alias kubur batu. Nama situs ini adalah Situs Aik Renung. Di kawasan situs ini terdapat 7 sarkofagus. Pada dinding sarkofagus atau kubur batu ini terdapat banyak ukiran yang menggambarkan topeng, biawak dan sosok perempuan dalam berbagai posisi, ornamen tersebut sama dengan ornamen sarkofagus yang ditemukan di daerah lain seperti Besuki, Sulawesi, Sumba dan Bali.

  • Pulau Bungin

Pulau Bungin terletak di kecamatan Alas, sekitar 70 km dari kota Sumbawa Besar ini dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia! Pulau ini dihuni sebanyak lebih dari 14 ribu jiwa per kilometer persegi. Jika dilihat dari angkasa, kwilayah pulau ini akan terlihat hanya berupa bangunan-bangunan tanpa menyisakan ruang terbuka sedikit pun, bahkan untuk sekedar menanam sebuah pepohonan. Meskipun begitu, masyarakat pulau Bungin dikenal selalu aman dan damai.

  • Istana Tua Dalam Loka

Berbagai daerah di Indonesia banyak terdapat rumah panggung tradisional. Tetapi, jika membicarakan masalah ukuran, maka Istana Tua Dalam Loka adalah rumah panggung yang terbesar di dunia. Istana Tua Dalam Loka terletak di pusat kota Sumbawa Besar atau berada di kelurahan Seketeng, di dalam bangunan ini menyimpan sejarah panjang mengenai pembentukan wilayah Sumbawa. Dalam proses pembangunannya sendiri,rumah panggung tradisional Sumbawa ini dilakukan pada tahun 1883-1931 saat Sumbawa masih di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Syah III yang pada saat itu rumah panggung ini merupakan istana kerajaan. Saat ini, Istana Tua Loka beralih fungsi sebagai museum nasional yang menyimpan berbagai sejarah dan kebudayaan Sumbawa.

Unik juga menarik bukan? Jika anda tertarik untuk mengunjungi keindahan kepulauan Sumbawa, anda bisa pergi kesana dengan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang (jika menggunakan pesawat dari Jakarta, anda harus transit di beberapa daerah terlebih dahulu, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar satu setengah hari lebih). Tetapi, semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan pesona kepulauan yang belum begitu banyak dikunjungi orang. Pesan tiket pesawat menuju Sumbawa kini lebih mudah karena pemesanan bisa dilakukan secara online. Klik situs Reservasi.com untuk mendapatkan tiket pesawat menuju kesana.

Sharing is caring!