Beberapa Faktor yang Menentukan Harga Hewan Kurban

Bagi penganut Islam, berkurban adalah salah satu hal yang diperintahkan oleh agama dan dilakukan ketika idul adha. Ketika idul adha ini Anda bisa untuk mengorbankan hewan kurban yang beragam dimana bisa untuk disembelih sendiri atau biasanya disembelih di masjid atau mushola yang dipilih. Sehingga untuk proses penyembelihan nya akan dilakukan oleh orang-orang yang ahli. Untuk dapat menyembelih hewan tersebut memerlukan cara yang khusus sehingga harus dilakukan oleh orang yang profesional dan mengerti mengenai hal tersebut. Ketika membeli hewan kurban tersebut tentunya harganya akan berbeda-beda. Dimana beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan harga hewan kurban tersebut adalah sebagai berikut ini:

Jenis hewan kurban yang dipilih

Untuk faktor pertama yang akan menyebabkan perbedaan dari hewan kurban tersebut tentu saja dari jenis hewan yang dipilih. Dimana untuk harga hewan seperti kambing dan domba bisa didapatkan dengan harga berkisar 1 hingga 2 jutaan rupiah saja. Tetapi untuk hewan seperti kerbau dan sapi bisa didapatkan oleh masyarakat dengan harga yang mahal yaitu berkisar 20 jutaan rupiah sehingga masyarakat bisa untuk menentukan hewan kurban yang sesuai dengan dana yang dipunyainya apakah yang murah atau yang mahal dimana perbedaan dari kedua hewan tersebut adalah dari banyaknya orang yang boleh dicantumkan ketika berkurban. Untuk sapi dan kerbau bisa untuk berkurban 7 orang sedangkan kambing dan domba hanya boleh satu orang saja.

Hewan Qurban

Berat hewan tersebut

Selain ketika memilih hewan dari jenisnya, perbedaan harganya juga ditentukan oleh berat hewan tersebut. Apabila memilih hewan kambing dan juga domba yang lebih berat akan mempunyai harga yang juga lebih mahal. Sedangkan untuk yang beratnya biasa saja tentu saja harganya akan lebih murah. Oleh karena itulah Anda bisa untuk memilih hewan kurban tersebut apakah ingin yang lebih murah atau lebih banyak dagingnya sehingga semua orang akan kebagian ketika dibagikan kepada masyarakat sekitar ketika sudah disembelih.

Dari tempat membelinya
Perbedaan selanjutnya tentu saja dari tempat membelinya yang bisa ditentukan apakah ingin membeli secara langsung atau bisa membeli secara online. Dimana ketika akan membelinya tentu saja harus melakukan perbandingan harga terlebih dahulu sehingga akan mendapatkan harga hewan untuk kurban yang termurah tetapi dengan kualitas yang diinginkan baik dari beratnya dan lainnnya.

Waktu membelinya
Dan faktor terakhir adalah dari waktu membeli hewan kurban tersebut. Apabila Anda membeli hewan mendekati idul adha misalnya hanya sehari sebelumnya maka harganya akan lebih mahal. Sebaliknya bila telah membeli lama sebelum idul adha maka Anda bisa untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Bahkan apabila bila membeli beberapa minggu sebelumnya dan dipelihara sendiri harganya akan jadi lebih murah.

Sharing is caring!