Lakukan 6 Cara Merawat Kulkas Ini Agar Kulkas Anda Tahan Lama

Kulkas merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang memiliki fungsi sangat besar. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan tentang kulkas yang cepat rusak. Umumnya, penyebab kerusakan kulkas ini karena terlalu lama dibuka atau terlalu banyak dimasukkan bahan makanan dan minuman apalagi yang panas dan lain sebagainya. Nah, 6 cara merawat kulkas di bawah ini pun sangat penting untuk Anda ketahui.

  1. Jangan Membuka Kulkas Terlalu Lama

Kebiasaan membuka kulkas terlalu lama ternyata dapat menyebabkannya cepat rusak. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan terlalu lama membuka kulkas. Cara ini akan bermanfaat untuk menjaga udara dingin agar tidak terlalu banyak berhembus keluar yang dapat menyebabkan mesinnya bekerja keras dan cepat rusak.

  1. Jangan Biarkan Kulkas Kelebihan Beban

Memasukkan banyak sekali bahan makanan dan minuman ke dalam kulkas tentu akan berdampak buruk pada kondisinya. Sebaiknya Anda memasukkan makanan sesuai kapasitasnya agar mesin tidak bekerja keras. Selain itu, muatan yang berlebihan pada kulkas juga dapat membuat aroma tidak sedap.

  1. Bersihkan Dengan Benar

Beberapa tipe kulkas masih menghasilkan busa atau batu es. Batu es yang sudah lama menumpuk memang perlu dibersihkan tetapi cara membersihkannya harus tepat. Jangan mencongkel batu es yang menempel melainkan cukup dengan mematikan kulkas dan biarkan batu es mencair dengan sendirinya.

  1. Letakkan di Tempat yang Pas

Peletakan kulkas juga merupakan poin penting untuk menjaganya agar tetap awet. Usahakan untuk menjauhkan keberadaannya dari sinar matahari langsung dan hindarkan kulkas Anda dari benda yang mengeluarkan panas. Letakkan pula kulkas sekitar 20 cm dari dinding agar udara panas dari mesin bisa keluar.

  1. Jangan Langsung Masukkan Makanan Panas

Kulkas memang berfungsi untuk mendinginkan dan mengawetkan makanan, namun Anda jangan memaksa mesin kulkas Anda untuk bekerja terlalu keras dengan memasukkan makanan panas. Sebaliknya, dinginkanlah terlebih dahulu.

  1. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Kebersihan masih menjadi poin utama dalam merawat sebuah barang. Jadi, biasakan untuk membersihkan kulkas Anda secara rutin. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian kondensornya.

Itulah enam cara merawat kulkas yang akan membuat kulkas Anda lebih awet. Jika kulkas Anda di rumah bisa menjadi awet, hal tersebut tentu akan sangat menghemat pengeluaran Anda. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Sharing is caring!