Wisata Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang

Klenteng Sam Po Kong adalah salah satu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama dari Laksamana Tiongkok yaitu Zheng He/ Cheng Ho. Tempat wisata di Semarang ini biasa disebut sebagai Gedung Batu, karena memang bentuknya adalah sebuah Gua Batu besar yang berada pada sebuah bukit batu. Tempat wisata bersejarah ini berada di daerah Simongan, sebelah barat kota Semarang.

Wisata Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang ini Hampir dari keseluruhan bangunan tempat wisata ini bernuansa merah khas bangunan China. Untuk saat ini klenteng Sampo Koong dijadikan sebagai tempat peringatan dan tempat pemujaan atau sembahyangan dan tempat untuk berziarah.

Seperti pada umumnya bangunan klenteng, kuil Sam Poo Kong terletak di Simongan, Semarang yang juga didominasi warna merah. Berbagai macam lampion merah tidak hanya menghiasai kelentengnya saja namun juga pohon – pohon yang menuju pintu masuk.Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas dari Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika berkunjung di Pulau Jawa pada tahun 1400 an.

Untuk saat ini di dalam goa tersebut terdapat Patung Cheng Ho yang dilapisi emas dan digunakan sebagai ruang sembahyang dalam memohon doa restu keselamatan, kesehatan dan rejeki. Objek wisata disini selain bangunan inti goa batu tersebut, di area ini juga terdapat satu kelenteng besar dan dua tempat sembahyangan yang lebih kecil.

Beberapa tempat sembahyangan tersebut dinamai sesuai dengan peruntukannya yaitu diantaranya adalah klenteng Taho Tee Kong yang merupakan tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon keselamatan hidup dan memohon berkah. Sedangkan tempat pemujaan Kyai Juru Mudi adalah berupa makam juru mudi kapal yang ditumpangi Laksamana Cheng Ho.

Karena seluruh area objek wisata ini lebih dimaksudkan untuk sembahyang, tidak semua orang boleh memasuki area ini. bangunan kuil, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil dipagari dan memiliki pintu masuk yang sudah ada petugas keamanan. Yang bisa masuk adalah yang bermasuk sembahyang saja, sedangkan wisatawan yang hanya ingin melihat – lihat saja dapat melakukannya dari balik pagar.

Sam Poo Kong menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik perhatian lebih banyak orang untuk berkunjung. Dihalaman yang cukup luas di depan klenteng, terdapat berbagai macam patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dilihat. Disinilah berbagai macam atraksi – atraksi kesenian ditampilkan berupa seni tari – tarian, barongsai atau bentuk kesenian lainnya yang digelar untuk memperingati hari – hari bersejarah yang berhubungan dengan Laksamana Cheng Ho atau budaya China.

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Semarang yaitu Klenteng Sampo Koong. Semoga bermanfaat.